Saturday, February 4, 2012

Holiday Before Thesis

Lampuuk Beach

Hai-hai...
Seneng deh bisa liburan panjang banget di Banda Aceh my hometown tercinta ini. Apalagi jalan-jalan bareng keluarga ke beberapa tempat di sana. Seruuuuu!!! Bulan Januari kemarin aku ulang tahun, begitu juga kakak n mama ku. Nah pas Hari Minggunya tgl 8 Januari 2012 lalu. Mama ngajak kita bakar ikan n bakar ayam di Pantai Lampuuk tepatnya di Pantai dekat Babah Dua Lampuuk. Rame banget yang ikutan apalagi ada kamu (BroNoer.Red) :) (centil banget ya gue Nyahahaha..). Pantai Lampuuk ini pasirnya putih, tempatnya indah, setiap minggu ramai pengunung yang datang. Beberapa tempat ombaknya tinggi dan asik buat selancaran. Setelah selesai bebakaran dan menyantap penganan yang dibawa dari rumah gak lupa mesen kelapa muda di rangkang yang disediakan, langsung deh bareng bro noer, cica, mama,abay, kak uthie n bang didi kia nyemplung ke laut. Cuma ..aku ga bisa enjoy mandi laut nya,karena ombak yang begitu tinggi dipantai itu. Soalnya ortu  milih tempat yang asik buat bakar-bakar bukan buat mandi lautnya. Akhirnya siang menjelang sore aku maksa orangtua ntuk pindah ke Pantai Lhoknga, sekalian jalan-jalan hehe :)

Lhoknga Beach
Pantai Lhoknga
ini tak kalah juga pengunjungnya. Siang yang terik pun jadi, orang beramai-ramai berendam di laut. Karena tempat parkir yang sudah penuh jadinya kita balik arah kembali dan memilih Pantai yang dekat dengan muara sungai namun tidak berombak besar. Ohya, mau cerita nih Pantai Lhoknga itu cantik apalagi kalu ombaknya pecah di karang. Pantai ini terkenal dengan keberadaan karangnya. Ada beberapa lokasi pemandian di mana anak-anak balita bisa bebas dari ombak besar (tetep dijaga sama orang dewasa). Lumayan agak puas sih mandinya di pilihan pantai ini, cuma warna airnya lebih keruh dibandingkan Pantai Lampuuk maupun Pantai Lhoknga itu sendiri. Maklum Pantai yang dipilih ini merupakan kawasan dilarang mandi karena dekat dengan muara sungai yang airnya cenderung mengalir lebih deras ke arah laut. Nah berhubung sudah azdan Ashar kita bersiap-siap mau balik ke rumah. Perjalanan ke rumah ditempuh lebih kurang 30 menit :) yook.

Ujong Batee Beach
Lusanya aku diajak Bro Noer ke Ujong Batee..
Cuma mau makan siang bareng di sana. Akhirnya bersama keluarga Bro Noer kita makan siang dengan menu seadanya alias ada ikan tongkol asam keu-eung, ada ikan n udang goreng, ada tumis bayam n ada mie tumeh aceh, enyak-enyak-enyak..terus minumnya Teh Botol Sosro (#Loh..) Pantai ini mengarah ke utara agak ke Timur kota Banda Aceh. Pasirnya cenderung hitam dan ombaknya pada hari itu tenang. Tapi sayang aku ga bawa baju ganti jadi ga berani nyebur, cuma ngetake photo doank sama cari keong :). Dan you know? Kalo gak salah minggu depannya aku balik kemari lagi dan bisa nyebur lebih lama aseeeeek..cuma pas balik ke Ujong bate ombaknya udah gede jadinya cuma bisa berdiri-jongkong-berdiri-jongkok  doang di dalam laut, terus disambar ombak Kyahahaha :* love that momment

Waterpark Hillside Mata Ie
Eits..Meskipun demikian, aku yang dasarnya emang suka air nih
Alhamdulillah ada momment pas banget dengan liburan anak-anak. Sodara ku dari kampung datang ke Banda Aceh and dia ngebet banget ke waterboom, tapi karena waterboom itu deket Pantai dan suasananya panas apalagi tadi malam ada gempa berkekuatan 7,3 SR. akhirnya aku dan kak Uthie menyarankan kalau kami main di Waterpark Hillside Mata Ie aja (Horeeee..!!) Seneng deh. Ini kali ke dua selama aku Di Banda Aceh pergi ke waterpark. Niatnya mau main bareng Cica ponakanku. Tapi dia malah takut sama binatang2 n patung binatang yang banyak terdapat di dekat kolam-kolam renang yang dibuat di sana. Hei...aku n k Uthie ikut main wahana perosotannya lo..Ih serem ternyata. Awalnya mau teriak girang, eh yang ada malah ketakutan masuk air pas nyampe kolam. Jadinya cuma mingkem n berdzikir di dalam hati :o anyway, really really rocks! Cuma ya disadvantagenya karena liburan rame banget keluarga yang kesana, padahal itu juga baru jam 11 siang n hari kerja. Selain itu aku beberapa kali berenang di kolam dewasa, karena kolamnya dalem jadi cuma dikit yang ada di  situ. airnya biru dan pemandangannya indah karena mengarah ke atas gunung. Di perjalanan pulang kita bisa melihat kota Banda Aceh dari ketinggian sekian meter hihihi (males banget ya penulisnya).

Jalan Pantai Ulee Lheue
Kalau sore hari di dekat kota Banda Aceh ada  Pantai
yang notabenenya ramai dikunjungi keluarga dan orang pacaran yaitu Pantai Ulee Lheue. Tau gak ceritnaya, habis dari Pantai Ujong batee yang kedua kalinya tadi cerita diatas itu, sorenya aku nyampe rumah terus mandi n shalat langsung berangkat ke Pantai Ulee Lheue ini. Gokiil habisss. Mana udah jam 6.00 sore udah mau magrib, terus nyampe sana tuh ramee dah gitu belum lagi cari tempat kosong buat nongkrong. Padahal awalnya mau ngeliat sunset sambil makan kerang rebus yang udah disiapin tadi siang. Yang ada nyampe sana buru-buru gelar tikar terus ambil piring langsung deh nyantap kerang rebus. Yang lucunya belum juga duduk 2 menit n lihat pemandangan udah buru2 aja ngabisin makanan. Soalnya nyampe sana udah mau magrib hahaha jadi ga sempat ngobrol-ngobrol. Bahkan kerang rebusnya ga dinikmati dengan santai hadeuuh..tapi ini pengalaman kocak banget. Susah kalo diceritain by tulisan kalo dipraktekin langsng ato difilmin aja ya wah..seru deh ngakaknya.Kalo inget-inget jadi ketawa sendiri.

Pemandian Ie Sue-um
Satu lagi...Pemandian Ie Sue-um
Ini pertama kalinya aku ke pemandian air panas. Sumber air panas ini dari gunung yang masih aktif lo..temaptnya sekitar 45 menit dari rumahku melewati Pantai Ujong Batee dan belok ke kanan tanjakan ke Desa Ie Sue-um. Pagi-pagi habis subuh aku beli Nasi Gurih Pak Rasyid terus meluncur ke sana. Tempatnya masih keliahatan perawan. Cuma beberapa pengunjung yang datang tidak mampu menahan untuk tidak membuang sampah pada tempatnya. Ada wahana permainan untuk anak-anak seperti perosotan, ayunan, jungkat-jungkit. Hanya saja halamannya becek karena rembesan air panas ang belum dikelola dengan baik. Awalnya kita sarapan dulu (udah laper beraaaat tapi lebih kepada nafsu berat buat makan Nasi Gurih one of my fav). Tadinya aku sempat bingung ada 3 kolam kecil di depan. Ternyata itu sumber air panas yang ditampung dengan derajat suhu yang berbeda. Sementara di dalam ada dua kolam besar yang kedalamannya kira-kira 160cm untuk berenang. kolam renang itu agak sulit buat berenang, selain warna airnya hijau, tekanan airnya beda dengan kolam renang biasa, tempatnya juga kurang safety karena tinggi tubuhku yang lebih rendah dari kedalaman kolam jadi kalau tiba-tiba nafas ga sanggup lagi buat berenang gak tahu mau pegangan ke mana. Asiknya  berendam di kolam air panas plus khasiatnya. Tapi beneran deh habis dari sini tuh besoknya aku ngerasa kecapean, pengennya tidur aja, terus haus dan bener-bener mesti bedrest.

Begitu lah cerita singkat jalan-jalan holiday before thesis hehe..Alahamdulillah yah..sebagian cita-citaku buat jalan-jalan pas liburan di Banda Aceh terkabulkan seneng luar biasa teman :) apalagi kalo bareng keluarga tercinta.Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah #sujudsyukur. Harapanku bisa cerita tentang liburan ke Sabang bareng suami n keluarga tercinta Aamiin ;) :* Peace and Love Everybody...!